Jumat, 16 Desember 2011

MECETAK REPORTER BERBASIS ULUL ALBAB



                Uin malang yang selama ini kita kenal sebagai kampus Ulul Albab mempunyai landasan yang kuat dalam mengedepankan ilmu dan menyeimbnagkan dengan nilai-nilai agama. Salah satunya denagn memberikan matakuliah pada jurusan non agama, sehingga integrasi keilmuan yang di kembangkan Islam menjadi sangat kuat di pupukkan pada generasi bangsa mendatang.
                Salah satu cita-cita UIN MALIKI MALANG untuk menciptakan kematangan professional keoada mahasiswanya dengan memaksimalkan mata kuliah serta aplikasinya pada tiap jurusan masing-masing. Untuk itu fakultas yang mulai unggul dengan adanya kelas ICP (International Class Program) dengan metode pengantar pembelajaran menggunakan bahasa internasional yaitu arab atau bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kuliah. Dari model pembelajaran seperti itu pada semester tujuh ada pemasaran mata kuliah jurnalistik sebagai pembekalan pengasahan kemampuan mengolah berita.
                Pentingnya matakuliah jurnalistik menjadikan lulusan fakultas tarbiyah memilki etos kerja yang tidak hanya konsentrasi pada bidang keagamaan, melainkan juga memilki skill melejitkan berbagai berita dan opini serta gaya menulis yang bermanfaat. Modal bagi seorang calon pendidik adalah dituntut memiliki kemampuan lebih diantaranya dalam dunia tulis menulis.
                Menulis tidak hanya apa yang telah di pahami dan di pelajari, kemampuan menulis bisa dikembangkan  dengan berbagai pengalaman dan pengetahuan lain yang dapat kita kemas menjadi tulisan yang mempunyai nilai baca yang berkualitas. Bisa juga dengan mengkaji bidang keilmuan lain yang kemudian di integrasikan dengan kajian pendidikan dan agama. Secara sempitnya mahasiswa tarbiyah bisa menuliskan perkembangan dunia pendidikan yang selalu actual, bisa berupa perubahan kurikulum, sistem pembelajaran atau kritik terhadap pendidikan yang sudah ada. Ada banyak kajian yang menarik untuk di ikat denagn tulisan dan untuk di ketahui orang banyak melalui kemampuan dasar menulis.
                Melalui karya-karya ilmiah seorang mahasiswa maupun pendidik yang mempunyai nilai manfaat tinggi tentunya tidak akan cukup berhenti sampai situ. Tulisan yang menarik dan layak masuk penerbit tentunya akan mendapat keuntungan lebih bagi penulisnya. Maka disinilah fakultas tarbiyah membuka kelas pendidikan jurnalistik agar mahasiswanya bisa menulis dan membuat berita aktual yang ada di sekitar kemudian bisa layak cetak ke media-media baca. Bagi yang tidak bisa menyalurkan melalui media-media yang di publikasikan umum. Ilmu jurnalistik bisa juga di manfaatkan ketika tejun ke sekolah nanti untuk membuat bulletin sekolah dengan menyertakan siswa untuk dibekali ilmu jurnalistik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar